Agustus 06, 2011

Pemuda Dihadapan Nabi

Abu Said Al Khudri telah menceritakan bahwa Rasulullah  Saw bersua dengan seorang anak muda yang sedang menguliti kambing, lalu beliau bersabda kepadanya ” minggirlah kamu, aku akan memperlihatkan cara yang benar kepadamu !”. Rasulullahpun memasukkan tangannya diantara kulit dan daging seraya memanjangkannya hingga tangannya masuk sampai kebagian ketiaknya, lalu beliau bersabda :
” Hai anak muda, seperti inilah yang harus kamu lakukan bila menguliti kambing.” sesudah itu beliau berlalu dan sholat dengan banyak orang tanpa berwudlu lagi.
Rasulullah Saw tidak pernah enggan dan tidak pernah sombong untuk turun tangan langsung membantu anak muda dalam menunaikan pekerjaannya guna memudahkan cara yang sulit dilakukan olehnya dan memberitahukan cara yang belum diketahuinya. Hal ini tetap beliau lakukan meskipun beliau sedang dalam perjalanan menuju ke tempat sholatnya untuk mengimami orang banyak dengan menyandang pakaian terbaik yang dipunyainya.

Nabi Muhammad Saw telah memberikan teladan ringan namun sarat akan makna kepada seluruh umat manusia, agar saling membantu terhadap sesamanya lebih-lebih kepada anak muda yang belum berpengalaman dalam menuntaskan pekerjaannya. Beliau rela memberikan petunjuk kepada mereka dimanapun dan dalam keadaan apapun. Bila akhlak ini dapat dijalankan, maka senior akan semakin anggun dan dihormati dikalangan yuniornya dan sebaliknya yunior akan selalu berada dalam arahan dan bimbingan seniornya.

sumber: http://tanbihun.com/kajian/analisis/pemuda-dihadapan-nabi/

0 komentar

Posting Komentar

Daftar Isi

Kontak Jodoh Mobil Bekas Pasang Iklan Rumah Wirausaha